Modul KK D bagi Guru Pembelajar Fisika (Profesional:Fluida, Kalor dan Teori Kinetik Gas)

Pedagogi: Model Pembelajaran dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA

Indikator Pencapaian Kompetensi Pedagogik:

  1. mendeskripsikan model pembelajaran Discovery Learning
  2. merancang skenario pembelajaran sesuai model pembelajaran Discovery Learning
  3. mendeskripsikan model pembelajaran Project Based Learning
  4. merancang skenario pembelajaran sesuai model pembelajaran Project Based Learning
  5. mendeskripsikan model pembelajaran Problem Based Learning
  6. merancang skenario pembelajaran sesuai model pembelajaran Problem Based Learning
  7. mendeskripsikan model pembelajaran Learning Cycle
  8. merancang skenario pembelajaran sesuai model pembelajaran Learning Cycle
  9. mendeskripsikan model pembelajaran Cooperative Learning
  10. merancang skenario pembelajaran sesuai Cooperative Learning

Indikator Pencapaian Kompetensi Profesional:Fluida, Kalor dan Teori Kinetik Gas

  1. Menerapkan konsep tekanan hidrostatis dalam pemecahan permasalahan kehidupan sehari-hari.
  2. Menerapkan prinsip hukum Archimedes dalam pemecahan permasalahan kehidupan sehari-hari.
  3. Menerapkan prinsip hukum Pascal dalam pemecahan permasalahan kehidupan sehari-hari.
  4. Memecahkan masalah terkait penerapan konsep fluida dinamis dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Menganalisis keterkaitan konsep fluida dinamis pada aplikasi teknologi masa kini.
  6. Memecahkan masalah pada kehidupan sehari-hari dengan memanfaatkan sifat-sifat fluida
  7. Menyusun kesimpulan berdasarkan data /grafik hasil eksperimen tentang perpindahan kalor.
  8. Memecahkan masalah terkait kalor dan perpindahannya.
  9. Menghitung kapasitas panas suatu benda berdasarkan data/hasil eksperimen.
  10. Menyimpulkan karakteristik termal suatu bahan berdasarkan nilai kapasitas dan konduktivitas kalornya.
  11. Menghitung nilai tekanan, volume dan suhu suatu gas yang berada pada ruang tertutup.
  12. Memecahkan masalah terkait karakteristik gas pada ruang tertutup.
  13. Menentukan nilai kecepatan rata-rata gas ideal monoatomik.
  14. Memecahkan masalah terkait sifat-sifat gas ideal monoatomik

Untuk lebih lengkapnya silahkan klik link dibawah ini

KK D_FISIKA

Semoga memberi manfaat.

Advertisements

Published by

Fisika 99

Awalnya Tampilan Publik Blog ini adalah Fisika today, seiring dengan berjalannya waktu, rasanya lebih nyaman menggunakan Nama "Fisika 99", Hal ini di dasari dengan keterlibatan saya secara langsung dalam pembelajaran Fisika sejak tahun 1999 sebagai Pengajar Fisika/Tentor di salah satu Bimbingan Belajar. Blog ini memuat pengalaman sehari-hari tentang Fisika dan penerapannya dalam kehidupan bermasyarakat termasuk pengalaman mengajarkan Fisika. Fisika today dibuat oleh Firman Laurensius Nadeak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s