Pelatihan Narasumber Nasional Guru Pembelajar

Firman L.Nadeak

Yogyakarta,19 Mei 2016

Senin 16 Mei 2016 saya mendapat telepon dari salah seorang teman kantor yang sudah mendaftarkan saya menjadi calon Narasumber Nasional Guru Pembelajar Pendidikan Menengah untuk Mata pelajaran FISIKA. Meski tidak begitu memahami apa itu Guru Pembelajar saya langsung mengiyakan karena dibelakang kata Guru Pembelajar (GP)ada Fisika, bidang yang sudah saya tekuni kurang lebih 18 tahun membuat semangat untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Pelatihan Narasumber Nasional Guru Pembelajar dilaksanakan dari tanggal 18 sd 27 Mei 2016 di Hotel Neo + Awana, Jl. Mayjen Sutoyo No.52 Yogyakarta, oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mengutip apa yang saya baca di Kata pengantar, Profesi guru harus dihargai dan dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana diamanatkan UU No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.Guru yang profesional wajib melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Salah satu caranya adalah melalui Program Guru Pembelajar.

Guru Pembelajar adalah guru yang ideal yang terus belajar dan mengembangkan diri atau upgrade di setiap saat dan dimanapun. Hanya dari guru yang terus belajar dan berkarya akan muncul generasi pembelajar sepanjang hayat yang terus menerus berkontribusi pada masyarakat dan lingkunagannya.

Untuk melaksanakan program Guru Pembelajar telah dikembangkan tiga moda, yakni Tatap muka, Daring dan Kombinasi.

Hasil yang ingin diharapkan dari pelaksanaan kegiatan pelatihan Narasumber Nasional Guru Pembelajar adalah: Paradigma yang sama dalam menyukseskan Program Guru Pembelajar dan Strategi yang sama dalam memfasilitasi GP agar tercipta proses belajar mengajar yang interaktif dan inspiratif sehingga guru mau melaksanakan peningkatan kompetensi secara mandiri.

Peserta kegiatan Pelatihan Narasumber Nasional Guru Pembelajar adalah NS yang berasal dari Tim Pengembang Modul, Dosen, Widyaiswara dan guru yang representatif.

Adapun materi yang akan dibahas adalah:
1. Overview Program peneingkatan Kompetensi Guru Pembelajar
2. Literasi TIK pendukung pembelajaran Daring
3. Pendekatan Andragogi
4. Kajian dan simulasi penggunaan modul peningkatan kompetensi guru pembelajar yang meliputu: Fitur-fitur Moodle, Materi Pedagogik, Materi Profesional dan Simulasi Pembelajaran Moda Daring
5. Pengembangan butir soal

harapan saya dalam pelatihan ini semoga berhasil dengan pengetahuan yang mumpuni sehingga mampu memfasilitasi Guru Pembelajar dengan baik.

Advertisements

Published by

Fisika 99

Awalnya Tampilan Publik Blog ini adalah Fisika today, seiring dengan berjalannya waktu, rasanya lebih nyaman menggunakan Nama "Fisika 99", Hal ini di dasari dengan keterlibatan saya secara langsung dalam pembelajaran Fisika sejak tahun 1999 sebagai Pengajar Fisika/Tentor di salah satu Bimbingan Belajar. Blog ini memuat pengalaman sehari-hari tentang Fisika dan penerapannya dalam kehidupan bermasyarakat termasuk pengalaman mengajarkan Fisika. Fisika today dibuat oleh Firman Laurensius Nadeak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s